Home / Artikel / Begini Alasannya! Tekhnologi Mobil di Indonesia Kalah Telak dengan Mobil Luar Negeri.

Begini Alasannya! Tekhnologi Mobil di Indonesia Kalah Telak dengan Mobil Luar Negeri.

Bagi Anda yang sering mengikuti perkembangan dunia otomotif pastinya paham betul akan pertumbuhan teknologi atau fitur yang terdapat dalam sebuah mobil. Terlagi mobil-mobil baru yang sering bermunculan akhir-akhir ini.

Tekhnologi Mobil di Indonesia Kalah Telak dengan Mobil Luar Negeri.

Dan salah satu pertumbuhan teknologi tersebut sering sekali kita lihat dari adanya perbedaan teknologi yang lebih modern pada mobil-mobil yang berada di luar negeri apabila kita bandingkan dengan teknologi otomotif yangterdapat di negara kita tersayang Indonesia ini.

Namun apakah Anda pernah beranggapan bahwasanya mengaapa teknologi yang ada pada mobil diluar negeri itu lebih modern dari pada teknologi yang dibekalkan dalam mobil di negara Anda tersebut?

Bahkan pada sejumlah kasus mobil dan merk yang sama dan dipasarkan di Negara Anda mempunyai fitur dan teknologi yang berbeda. Lantas apa alasannya mobil diluar negeri lebih canggih? Berikut ini akan kami sajikan pembahasan selengkapnya untuk Anda. Ketimbang penasaran, yuk sobat, langsung saja Anda simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Dari adanya anggapan umum, faktor mengenai kecanggihan pada mobil di luar negeri itu tidak bisa lepas dari bandrolan harga mobil yang lebih murah tersebut.

Namun pada kenyataanya tidak semua kenyataan tersebut benar adanya, ada beberapa faktor yang membuat teknologi mobil diluar negeri lebih canggih, antara lain ialah sebagai berikut:

  • Infrastruktur yang Tentunya Berbeda

Alasan yang pertama adalah karena infrastruktur yang berbeda. Seperti yang telah kita ketahui bersama, infrastruktur di luar negeri tentunya lebih maju dari pada negara kita yang masih dalam tahapan perkembangan. Sama halnya seperti teknologi semi autonomus driving yang ada pada mobil mobil di negara lain.

 

Dimana teknologi yang satu ini akan memberikan kapasitas pada mobil untuk bergerak sendiri lewat bantuan kamera dan sensor yang melekat. Nyatanya, fitur modern yang satu ini belum dapat diterapkan pada mobil mobil dinegara kita yang disebabkan infrastruktur yang belum memadai.

 

Karena untuk memakai fitur ini, diperlukan rambu lalu lintas dan marka jalan yang jelas di masing-masing titik sehingga sensor mobil dapat mengetahui informasi dengan mudah. Di samping itu, tidak berbeda dengan mobil listrik dimana di Indonesia pengisian bahan bakar masih di kekuasai oleh SPBU atau yang sering kita sebut dengan POM bensin tersebut.

Masih sangat jarang sekali kita melihat pengisian bahan bakar listrik. Dan tentunya infrastruktur di Indonesia harus lebih dikembangkan dan diitngkatkan supaya fitur-fitur modern pada mobil tersebut dapat diaplikasikan pada mobil di negara kita.

  • Biaya Perbaikan yang Lebih Mahal

Alasan yang kedua ialah karena biaya perbaikan yang lebih mahal. Idealnya, semakin modern mobil, maka pastinya semakin mahal pula biaya untuk perawatan atau service pada mobil tersebut.

 

Hal ini disebabkan estimasi biaya service pada mobil yang mempunyai fitur-fitur modern seperti Automatic Emergency Braking (AEB), Blin Spot Monitoring (BSM), hingga Lane Departure Warning (LDW) yang dianggap memiliki biaya perawatan atau service yang tergolong cukup mahal.

Oleh karena itu, mahalnya ongkos perawatan fitur-fitur modern tersebut, maka hingga saat ini fitur-fitur canggih tersebut masih belum dibekalkan pada mobil yang beredar dinegara kita. Sebut saja seperti biaya perawatan pada mobil Toyota Camry Tahun 2019, Ford F-150 2019, Nissan Rouge 2019, dengan menggunakan komponen Orisinil Equipment Manufactured (OEM).

Dimana tercatat biaya service atau perawatan mirror menghabiskan biaya sampai $3.000 atau setara dengan 45.6 jutaan. Suatu harga yang sangat mahal sekali ya sobat padahal hanya untuk biaya perawatannya saja, belum jika terjadi insiden atau kerusakan komponen penting yang melekat pada mobil-mobil tersebut.

Terlagi pada fitur canggih yang di sebutkan di atas tadi yang mengalami kerusakan. Pastinya akan memakan biaya yang besar terutama pada kalbarasi pada fitur modern tersebut. Di samping itu, biaya yang paling mahal ialah ketika mobil tertabrak dari bagian depan dan juga belakang.

Anda harus mengeluarkan dana sebesar $5.300 atau setara dengan 76.1 juta rupiah. Harga yang sangat fantastis dan bisa Anda bayangkan biaya ini terbilang dua kali lipat lebih mahal dari mobil yang mempunyai fitur standar tersebut. Dan hal berikut yang menjadi salah satu pemicu kenapa fitur-fitur modern tersebut tidak bekalkan pada mobil yang dikeluarkan di negara kita.

  • Harga Beli yang Semakin Mahal

Alasan yang ketiga ialah karena harga beli yang semakin mahal. Sudah pasti dengan adanya fitur atau teknologi modern yang tersemat dalam mobil, maka mobil tersebut akan dibandrol dengan harga yang semakin tinggi pula.

Para pabrikan industri otomotif terutama mpbil di Indonesia tentunya mengetahui hal ini, karena apabila produksi mobil dengan harga selangit tentu dapat dipastikan peminatnya di pasaran pun akan rendah yang nantinya akan berpengaruh pada omset penjualan mereka.

Hal ini pun dikarenakan daya beli masyatakat yang tergolong masih menegah, sehingga disesuaikan pula dengan kebutuhan pasaran dengan harga yang menengah pula, karena jika memproduksi mobil mewah nan mahal maka tidak akan terserap oleh daya beli masyarakat Indonesia.

Itulah sobat beberapa alasan kuat mengapa mobil di luar negeri tersebut terilang lebih modern jika Anda bandingkan dengan mobil yang terdapat di negara kita. Kenali masalah yang terjadi pada mobil Anda terlebih dahulu sebelum menyimpulkan untuk mencoba cara yang kami berikan di atas. Semoga isi ulasan di atas mengenai Begini Alasannya! Tekhnologi Mobil di Indonesia Kalah Telak dengan Mobil Luar Negeri bisa bermanfaat bagi pembacanya!

About admin

Check Also

Cara Merawat Mobil Pribadi yang Yang Jarang Dipakai

6 Cara Simpel Merawat Mobil Pribadi yang Yang Jarang Dipakai Pemiliknya

6 Cara Simpel Merawat Mobil Pribadi yang Enggan Di Operasionalkan Pemiliknya Jika kita berbicara mengenai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + twelve =